Susy Susanti – Orang Indonesia Pertama Peraih Medali Emas Olimpiade

Biografi 

Nama : Lucia Fransisca Susy Susanti (Wang Lian Xaiang)
Tempat lahir : Tasikmalaya, Jawa Barat 
Tanggal Lahir : 19 febuari 1971
Terkenal sebagai : Atlet bulutangkis Putri Indonesia, dan orang Indonesia pertama peraih medali emas olimpiade 

susy-susanti
Susy Susanti ketika mendapat emas Olimpiade

Bicara tentang olahraga bulutangkis, maka tak lepas dari  para sosok legendaris yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Olahraga ini pula yang melambungkan nama Susy Suanti yang merupakan orang Indonesia pertama yang meraih medali emas di kelas tunggal putri cabang bulutangkis di olimpiade Barcelona 1992. 

Sejak dahulu Indonesia memang mempunyai banyak pemain tunggal putra yang yang merajai berbagai kejuaraan dalam masa keemasannya, nama-nama seperti Tan Joe Hok, Ferry Sonneville, Iie’ Sumirat, Rudy Hartono, Lim Swie King, Icuk Sugiarto, lius Pongoh, Hastomo Arbi, Ardy Bernandus Wiranata, Heryanto Arbi hingga sampai ke Taufik Hidayat. Namun sampai saat ini Indonesia baru mempunyai pemain tunggal putri yang sangat merajai di masanya, yaitu Susy Susanti.

Semangat yang tinggi dan pantang menyerah ditunjukkan Susy Susanti dalam masa kejayaannya hingga pertengahan tahun 1990-an. Sangat sering sekali ketika Susy Susanti bertanding, ketika lawan hanya membutuhkan satu angka untuk menang, Susy membalikkan keadaan dan justru memenangkan pertandingan. Hingga Susy pernah mengeluarkan komentarnya kalau sesekali ia ingin merasakan kekalahan sekali-kali, agar motivasi untuk memperbaiki diri muncul kembali.

Sejak masih kanak-kanak, Susy sudah mahir dalam mengayunkan raket dan sudah sering mengalahkan teman – temannya yang berbadan lebih besar. Susy memang sudah mewarisi bakat bermain bulutangkis dari keluarganya. Sejak SD Susy sudah menjuarai berbagai kejuaraan tingkat Junior, kemudian saat duduk di kelas 2 SMP susy memutuskan pindah ke Jakarta guna bergabung  dengan ssekolah khusus atlet dan calon atlet. Susy mengaku kurang pergaulan karena sejak ia pindah ke Jakarta ia tinggal di asrama dan hanya bisa bertemu dengan sesama atlit. Pacaranpun dengan sesame atlit hingga menikah dengan sesama atlit bulutangkis. 

Berkat latihan yang ketat dan gaya hidup yang teratur perjalan karir Susy berjalan lancar dan mampu meraih banyak prestasi. Diawali dengan mendominasi tiga nomor junior, ia memualai debut internasional pada usia 17 tahun dengan mengalahkan Han Aiping, kampiun Cina waktu itu (1988). Pada tahun 1989 Susy menjadi pahlawan ketika Piala Sudirman di rebut tim Indonesia untuk pertama kalinya, dan puncak prestasinya tentu saja ketika ia meraih medali emas olimpiade Barcelona 1992 yang sekaligus mencatatkan namannya sebagai orang Indonesia yang meraih emas dalam ajang olimpiade. 

Prestasi yang pernah diraih Susy Susanti :

  • Juara tunggal putri Wold Championship : 1993 
  • Juara All England : 1990, 1991, 1993 dan 1994
  • Juara Word Badminton Grand Prix : 1990, 1991, 1992, 1993 dan 1994
  • Juara Indonesia Open : 1989, 1991, 1994, 1995, 1996, 1997
  • Juara Malaysia Open : 1993, 1994, 1995, 1997 
  • Juara Japan Open : 1992, 1994, 1995
  • Juara Korea Open : 1995 
  • Juara Dutch Open : 1993
  • Juara Denmark Open : 1991, 1992
  • Juara Thailand Open : 1991, 1992, 1993, 1994
  • Juara Swedish Open : 1991 
  • Juara Cina Taipei Open : 1991, 1994
  • Juara Piala Uber bersama tim Indonesia : 1994, 1996
  • Juara Piala Sudirman : 1992
  • Juara Olimpiade Barcelona : 1992    

Setelah menikah tahun 1997 dengan Alan Budi Kusuma yang merupakan atlit bulutangkis Susy memutuskan pensiun dari dunia olahraga yang dia geluti sajak kecil. Setelah era Susy belum ada pemain Indonesia khususnya putri yang mempunyai prestasi sehebat dirinya, bahkan secara umum prestasi bulutangkis Indonesia mengalami kemunduran. Hal ini dikarenakan orang-orang mulai enggan menekuni dunia olahraga yang tidak jelas jaminan masa depannya.

Berkaca dari pengalaman sendiri, bahkan Susy tidak berniat mengizinkan anak nya terjun kedunia olah raga yang tidak mempunyai masa depan yang jelas, karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap atlit yang telah mengharumkan nama bangsa. 

Semoga kisah perjalanan Susy Susanti sang legenda bulutangkis yang tak terkalahkan selama karirnya dapat menginspirasi sobat sekalian. Sebuah hasil yang luar biasa merupakan buah dari kerja keras. Berikut kutipan ucapan Susy ketika ditanya tentang dominasinya yang tak terpatahkan dimasa kejayaannya:
"saya teh sekali-sekali pengen juga merasakan kalah"

Maju terus bulutagkis Indonesia. Salam J&A      

loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Susy Susanti – Orang Indonesia Pertama Peraih Medali Emas Olimpiade"

Posting Komentar